beritain.id – Lembaga survei Polsight menyebut bahwa calon dari Partai Gerindra paling diinginkan untuk menjadi Wali Kota Bandung pada Pilkada 2024. Hal itu terungkap berdasarkan survei yang dilakukan Polsight pada 26-30 Juni 2024.

Direktur Riset Polsight, Kiki Pratama mengatakan bahwa, survei tersebut melibatkan 1.200 responden.

“Calon Partai Gerindra menjadi yang paling diinginkan masyarakat untuk menjadi Wali Kota Bandung berikutnya. Partai Gerindra unggul dengan 18,67 persen,” kata Kiki, Kamis 25 Juli 2024.

Meski begitu, dalam survei Polsight, popularitas calon pilihan Partai Gerindra untuk Pilkada Kota Bandung menduduki posisi paling buncit dengan raihan angka 7,08 persen. Angka tersebut jauh dari raihan angka Sonny Salimi yang sebelumnya santer akan dikabarkan akan menjadi Calon Wali Kota Bandung pilihan Gerindra.

“Yang paling populer itu Atalia dengan 97,33 persen, paling rendah itu Ridwan Dhani Wirianata. Kalau Sonny Salimi di angka 15,83 persen,” ungkapnya.

Baca juga:  Penyebaran virus PMK itu butuh penangan serius

Dalam survei dengan simulasi tertutup, pilihan warga Bandung pun tak jauh berbeda. Atalia masih kokoh di posisi puncak.

Dalam survei tertutup tersebut, Polsight menyodorkan 13 nama bakal calon Wali Kota Bandung untuk Pilkada 2024 meliputi, Atalia Prarartya, Muhammad Farhan, Erwin, Asep Mulyadi, Siti Muntamah Oded, Sonny Salimi, Denny Chandra, Juwanda, Dandan Riza Wardana, Rendiana Awangga, Rafi Rafnialdi, Ronal Surapradja, dan Ridwan Dhani Wirianata.

“Elektabilitas Atalia Prataya mendapat angka paling tinggi dengan angka 48,00 persen, diikuti M. Farhan 11,17 persen, Erwin 8,75 persen, Asep Mulyadi 6,75 persen, Siti Muntamah 6,00 persen, Sonny Salimi 5,58 persen, dan nama-nama lain hanya memiliki angka elektabilitas di bawah 2,50%,” jelasnya.

“Sementara bakal calon yang memiliki angka elektabilitas paling rendah adalah Ridwan Dhani Wirianata dengan angka elektabilitas hanya 0,75% saja dan masih ada 4,58% responden yang belum menentukan pilihan,” imbuhnya.

Kiki menambahkan, hadirnya Partai Gerindra berada di puncak survei bukan tanpa alasan. Menurutnya, adanya sosialisasi yang masif dalam beberapa bulan yang dilakukan Bacawalkot yang mengikuti penjaringan menjadi faktor utama terdongkraknya pilihan masyarakat ke Partai Gerindra.

Baca juga:  Kabupaten Bandung Miliki Kasus PMK Tertinggi di Jabar

“Pada survei kali ini Gerindra berhasil menyalip PKS yang mana pada survei-survei sebelumnya PKS selalu menjadi partai yang paling diinginkan masyarakat untuk menjadi Walikota Bandung berikutnya. Hasil analisa kami naiknya suara Partai Gerindra ini karena sosialisasi yang sangat massif dari Sonny Salimi yang merupakan bakal calon dari Partai Gerindra,” tegasnya.

Hasil survei tersebut dinilai dapat menjadi modal yang kuat bagin Partai Gerindra untuk memenangkan Pilkada 2024 Kota Bandung. Namun, Gerindra harus dapat memilih calon yang tepat agar tidak menjadi sebuah blunder hingga berakibat kepada kekalahan di Pilkada.

“Jadi jika keputusan mengusung Ridwan Dhani ini tetap dipaksakan saya khawatir justru akan menjadi blunder untuk Partai Gerindra,” pungkasnya. *billy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *