Pemdaprov Jabar Sambut Baik Program Nihongo Partners Gelombang 21 Tahun 2024

Relawan guru dari Jepang ditempatkan di 12 sekolah di Jabar selama tujuh bulan

Beritain, Infoin, Kabarin68 Dilihat

Kepala Bidang Kewaspadaan Daerah Bakesbangpol Jabar Tulus Tahi Hapistaran Sibuea menambahkan bahwa program Nihongo Partners dimaksudkan dalam rangka mendukung pembangunan pendidikan di Jabar.

“Program Nihongo Partners di Jabar ada 12 orang dan disebar di 12 sekolah SMA/SMK sederajat selama tujuh bulan, mulai Agustus 2024 hingga Maret 2025,” kata Tulus.

Asisten Direktur the Japan Foundation Hirota Yoshihisa memberikan apresiasi kepada Pemdaprov Jabar yang telah menerima dan terlaksananya program Nihongo Partners.

“Program ini dilakukan sejak 2014, jadi sudah 10 tahun. Sebanyak 3.000 orang telah disebar di sekolah-sekolah dan jumlah ini terbanyak dibanding negara-negara lain di Asia,” tutur Hirota Yoshihisa.

“Program ini merupakan hal baru bagi peserta. Diharapkan dapat bermanfaat dan membantu menyebarkan bahasa dan budaya Jepang di Jabar,” imbuhnya.

Sementara itu Yashuda salah seorang peserta mengatakan bahwa selama mengikuti program Nihongo Partners, dirinya akan memperkenalkan budaya, berupa lagu-lagu, tarian, dan masakan Jepang kepada peserta didik dimana ditempatkan.

“Saya juga setelah pulang kembali ke Jepang akan memperkenalkan budaya Jabar kepada masyarakat di Jepang,” ucapnya.

Kepala SMK Negeri 7 Kota Bandung Rini Ambarwati mengungkapkan, pihaknya senang menerima program Nihongo Partners dari Jepang Foundation.

“Ini kesempatan untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kemampuan dalam bahasa dan budaya Jepang,” pungkas Rini.

HUMAS JABAR
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar
Ika Mardiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *