Ning Wahyu: Kampus Harus Dorong Mahasiswa Tingkatkan Kapasitas, di Luar Jurusan untuk Hadapi Tantangan Link and Match.

Headline, Inframe16 Dilihat

Selain Itu, Ning Wahyu menyebut, Jawa Barat menghadapi tantangan ketenagakerjaan dengan jumlah pengangguran tertinggi di Indonesia, mencapai 1,79 juta orang atau 24,9% dari pengangguran nasional.

“Dari jumlah tersebut, lulusan SMK
menyumbang 29,3%, sementara lulusan perguruan tinggi sebesar 13,6%. Kesenjangan antara supply dan demand tenaga kerja menjadi tantangan yang perlu diatasi bersama,” ungkapnya.

Ning Wahyu menambahkan, Menyoroti tantangan terkait karakteristik Generasi Z, di mana data menunjukkan 65% pemberi kerja mempertimbangkan PHK untuk Gen Z, satu dari delapan Gen Z mengundurkan diri dalam seminggu pertama bekerja, dan 41% Gen Z serta milenial lebih memilih menganggur daripada bekerja di lingkungan yang tidak membuat mereka bahagia.

“Sebanyak 59% Gen Z juga merasa mengalami gangguan kesehatan mental. Hal ini perlu diperhatikan dalam menyiapkan SDM berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, khususnya di Jawa Barat,” tuturnya.

Ketua APINDO Jabar berharap bahwa penguatan kemitraan antara UPI dan APINDO Jawa Barat, akan menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang lebih baik dan menghasilkan SDM berkualitas sehingga mendorong peningkatan keterserapan lulusan di dunia kerja. *(aef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *