KPU Jabar Didesak Tingkatkan Sosialisasi Pilkada, Jangan Hanya Sebatas Seremonial

Kabarin18 Dilihat

beritain.id – Forum Jurnalis Jawa Barat (FJJB) menggelar Obrolan Santai Demokrasi (Orasi) bertajuk “Menuju Pesta Demokrasi, KPU Kemana?”, yang digelar di Kota Bandung, Jumat (16/8/2024).

Direktur Landscape, Asep Komarudin mengatakan bahwa peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat harus lebih aktif dalam mensosialisasikan agar tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih makin meningkat.

“Pertama dalam pilkada, 2024 ini peran KPU ini harus kembali pada substansi yaitu mengawal demokrasi, meningkatkan partisipasi masyarakat, untuk sesuai dengan tagline ‘gembira’ memilih langsung,” ujar Asep.

“Jangan terpaku pada tahapan-tahapan Walaupun memang KPU ada tahapan sesuai dengan PKPU tetapi, tahapan itu harus dilihat apakah itu sudah sesuai tidak dengan harapan yang ingin dicapai,” tambahnya.

Dirinya juga menyebutkan bahwa data yang terima oleh pihaknya, bahwa dalam pilkada atau pilgub Jawa barat merupakan wilayah dengan jumlah yang cukup besar.

“Jawa Barat ini jumlah pemilih yang cukup besar 35,7 juta jiwa besar se-indonesia , dengan jumlah pemilih hampir di atas 60% adalah usia anak,” ujarnya.

Asep menambahkan, bahwa rata-rata Pemilihan di jabar itu rata-rata klasifikasi pendidikan yaitu rata-rata 63% usia sekolah lulusan SD SMP dan SMA kalau SMA tambah lagi 30 sampai 90%.

“Jumlah pemilih hampir di atas 60% adalah usia anak muda,” katanya.

Maka dari itu Asep meminta pihak penyelenggaraan agar keluar, tahapan-tahapan yang selama ini berjalan. Hal itu agar dapat merangsang setiap pihak ikut terlibat dalam proses tahapan pemilu.

“Merangsang para pihak baik media, baik stakeholder, komunitas-komunitas, ormas-ormas untuk terlibat dalam proses Pilkada Ini,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Jawa Barat Reza Arfah menyarankan agar KPU Jabar menerapkan konsep pentahelix atau multipihak dalam proses sosialisasi Pilkada Serentak kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *