Berusia 101 Tahun, RSHS Diminta Menkes Bantu Tingkatkan Kualitas RS Lain

Beritain, Headline22 Dilihat

beritain.idMenteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin memberikan tiga pesan kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, Jawa Barat.

Budi mengatakan, memasuki umur yang ke-101, RSHS Bandung harus bisa bertransformasi menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan yang semakin baik. Ia tak ingin, di umur yang tergolong lanjut usia ini, pelayanan rumah sakit provinsi ini makin memburuk.

“Dulu banyak masukan ke saya, isinya keluhan (tentang pelayanan RSHS) dari pasien-pasien. Jangan makin tua makin jelek. Kalau orang, tua makin jelek tapi kalau RSHS semakin tua semakin harus semakin bagus,” kata Budi ketika menghadiri HUT ke-101 RSHS, Sabtu (19/10/2024).

Pesan kedua, kata Budi, RSHS Bandung harus bisa menjadi pusat pendidikan maupun pelatihan bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta di bidang kesehatan. Hal itu bertujuan untuk pengembangan ilmu kedokteran terutama di Jawa Barat.

Saat ini baru ada dua perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan RSHS yaitu, Unpad dan Universitas Kristen Maranatha. “Karena kan ini seperti laboratorium paling besarnya kan milik fakultas kedokteran, farmasi, alat kesehatan,” ujarnya.

Budi menambahkan, RSHS tidak boleh menjadi rumah sakit yang hanya mementingkan kepentingan sendiri. Akan tetapi tapi harus membantu meningkatkan pelayanan rumah sakit lainnya yang ada di Jawa Barat.

RSHS Bandung, lanjut Menkes, bisa berkomunikasi dengan seluruh kepala daerah di Jawa Barat untuk meningkatkan pelayanan di rumah sakit maupun puskesmas. Sehingga, lanjutnya, masyarakat tidak Jawa Barat tidak perlu keluar daerah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik.

“Semua kepala daerah harus meningkatkan rumah sakit di daerahnya. Dokter di puskesmas harus gesit mengobati dan menjaga kesehatan masyarakat Jawa Barat. Jadi kalau sakit enggak usah keluar Jawa Barat, biar di kotanya sendiri,” kata Budi menambahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *