Banyak Pelajar Gunakan Kacamata, Kang Arfi dan Yayasan AINI Beri Pemeriksaan Gratis

Beritain, Headline43 Dilihat

beritain.id – Yayasan Adicita Insan Nastiti Internasional (AINI) menggelar pemeriksaan mata gratis kepada anak usia sekolah di SMA Muhammadiyah 3, Jalan Banteng Dalam, Kota Bandung pada Kamis 5 September 2024.

Sekretaris Yayasan AINI, Arfi Rafnialdi mengatakan, kegiatan pemeriksaan mata tersebut dilatarbelakangi kekhwatiran tingginya penurunan kesehatan mata yang dialami anak-anak usia sekolah yang banyak dipicu aktivitas anak mengakses gawai.

“Memang ada pergeseran kesehatan mata anak, karena sekarang anak makin terbiasa dengan gadget. Di satu sisi mereka belajar, tapi di sisi lain banyak aktivitas bermain game yang sangat berorientasi pada gadget sehingga mata anak ini kesehatannya sudah turun, dan terjadi pada anak SD kelas tiga atau kelas empat sudah butuh kacamata,” kata Arfi Rafnialdi.

Selain itu dituturkan ia, penerapan pembelajaran daring juga perlu lebih diperhatikan agar proses belajar mengajar bisa berlangsung tanpa membebani kesehatan mata anak.

“Itu mungkin bagian dari konsekuensinya. Tapi kedepannya, pembelajaran online ini juga perlu diberikan edukasi agar kesehatan mata anak-anak pelajar dan mahasiswa juga tetap terjaga. Jadi proses pembelajarannya jalan, kesehatan matanya terjaga,” ucapnya.

Penanggungjawab Kegiatan Pemeriksaan Gratis Yayasan Aini, Elpi Nazmuzzaman mengatakan, kegiatan tersebut juga didukung Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) sebagai tenaga pemeriksa.

Menurutnya, setelah diperiksa siswa yang mengalami penurunan kesehatan mata akan diberikan kacamata gratis. “Tadi hasil screening ada beberapa yang memerlukan kacamata, nanti akan ditindak lanjuti. Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh Yayasan Aini bisa membantu mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Elpi Nazmuzzaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *