November 2024, Ritase Angkutan Sampah ke TPA Sarimukti Ditargetkan Turun Signifikan

Beritain, Headline19 Dilihat

beritain.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menargetkan ritase pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti sebanyak 140 dari rata-rata 171,82 rit. Target ini diproyeksikan rampung pada November 2024.

Hal ini merupakan solusi atas kondisi TPA Sarimukti yang berdampak pada penanganan sampah di Kota Bandung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung, Dudi Prayudi menyebut, skema yang saat ini mungkin dilakukan ialah menekan ritase sampah dari level kewilayahan yang digabung ke dalam Satuan Wilayah Kerja (SWK). Melansir data DLH Kota Bandung, ritase sampah di tiap SWK memiliki jumlah berbeda, seperti berikut:

1. SWK Bojonagara 35,88 rit/hari.
2. SWK Cibeunying 51,89 rit/hari.
3. SWK Tegallega 33,67 rit/hari.
4. SWK Karees 36,41 rit/hari.
5. SWK Kordoba 25,88 rit/hari.
6. SWK Ubermanik 31,23 rit/hari.

“Kami berupaya menerapkan pengurangan hingga 140 ritase per hari,” ujar Dudi saat Rapat Optimalisasi Pengelolaan Sampah Mandiri di Kewilayahan, Kamis 17 Oktober 2024.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Bandung, Asep Gufron menyebut, komitmen pengurangan ritase sampah ke TPA Sarimukti telah terjalin antara Pemkot Bandung dan Pemprov Jabar.

Menurutnya, di Kota Bandung, unsur kewilayahan menjadi pihak strategis dalam mewujudkan pengurangan ritase kiriman sampah ke TPA Sarimukti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *