Keren! Perhutani Divre Jabar Banten Gelar Pertikawan Nasional II DI Sub Camp Cengkrong

Beritain, Headline83 Dilihat

beritain.id – Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten yang mengelola Wisata Wana Mandala Cengkrong menggelar kegiatan Pertikawan Nasional II Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 24 – 28 September 2024 yang diikuti oleh 160 peserta dari berbagai Provinsi di Indonesia.

Pembukaan Sub Camp Cengkrong dilaksanakan oleh Wakil Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jabar & Banten selaku Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Jawa Barat, Cucu Suparman yang dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat dan BPDAS Cimanuk Citanduy selaku Majelis Pembimbing Saka Wanabakti Jawa Barat, Administratur Perhutani KPH Bandung Selatan beserta jajaran dan undangan lainnya.

Eris Mulyana Kepala Seksi Komunikasi Perusahaan Perhutani Divre Jabar Banten menuturkan, kegiatan tersebut bagian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Biasanya dilakukan lima tahun sekali. Kali ini kami Perhutani dipercaya untuk menjadi penanggung jawab acara kali ini, dan digelar di sub camp Centrong di Kabupaten Bandung Barat,” kata Eris Mulyana.

Dikatakan Eris, sejumlah 1300 sampai 1500 peserta Perhutani di sub Centrong ditugasi untuk menampung 160 peserta pertikawan II tahun 2024 tersebut.

“Jadi di sub Centrong ini kita beraktivitas ada survival, ada edukasi PLTA Saguling juga. Nah untuk survival ini kita ajarkan para peserta untuk bertahan hidup di alam bebas, yang dimulai dengan teknik-teknik dasar terlebih dahulu,” beber Eris Mulyana.

Eris menambahkan, pihaknya pun mengajak seluruh peserta untuk lebih mengenal sungai purba Citarum melalui aktivitas rafting dengan dua gelombang.

“Banyak yang bisa kita lakukan disini, ada juga climbing disini. Jadi ini murni kegiatan-kegiatan kepramukaan untuk membina generasi muda Indonesia. Tujuannya adalah menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, makin cinta tanah air, peduli terhadap sesama juga dan itu tentu bagian dari inti kegiatan yang kami lakukan ini,” ucap Eris.

Sementara itu, Cucu Suparman menyampaikan bahwa kegiatan Pertikawan Nasional II yang dihadiri segenap Satuan Karya (Saka) Pramuka Wanabakti dan Satuan Karya (Saka) Pramuka Kalpataru seluruh Provinsi memantapkan peran Gerakan Pramuka dalam rangka pembinaan generasi muda untuk mendapatkan pengalaman unik dan bermanfaat, menambah wawasan dan pengalaman serta semakin memperkokoh rasa nasionalisme dan jiwa persatuan generasi muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *